Catat, Info Terkini Teknis Penting Untuk Tahun Yubileum 2025 di Vatican

VATIKAN,KABARDAERAH.COM-Kantor Pusat Persiapan Yubileum 2025 baru saja mengeluarkan pengumuman tentang hal-hal teknis terkini. Hal tersebut disampaikan oleh staf Dikasteri Dialog Antarumat Beragama Vatikan, Pastor Markus Solo Kewuta,SVD (Padre Marco) dalam keterangan tertulis yang diterima Kabardaerah.com di Jakarta,Selasa (30/1/2024) pukul 18.47  Waktu Indonesia Barat.

Peziarah yang terhormat, berikut adalah beberapa hal-hal teknis terkait Penyelenggaraan Yubileum 2025 :

Pertama, Tanggal 9 Mei lalu telah diterbitkan website resmi Yubileum 2025. Inilah websitenya: http://www.iubilaeum2025.va

Kedua, Pada halaman web ini akan terus diperbarui dan dari waktu ke waktu akan memberikan informasi yang diperlukan untuk dapat melakukan persiapan dan perayaan Yubileum ini dengan semestinya.

Ketiga, Anda sudah bisa mengetahui tanggal-tanggal peristiwa-peristiwa utama Yubileum yang tercantum di bagian “Kalender Yubileum”. Tanggal pembukaan Pintu Suci (Holy Door) adalah 24 Desember 2024.

Keempat, Mulai tanggal 31 Oktober 2024, aplikasi seluler resmi Yubileum 2025 bertuliskan “Iubilaeum25” tersedia untuk diunduh.

Kelima, Aplikasi yang diperlukan untuk mendaftar Ziarah ke Pintu Suci dan untuk berpartisipasi dalam acara-acara utama Yubileum dapat diunduh dari App Store untuk iOS dan dari Play Store untuk Android.

Keenam, Melalui aplikasi yang tersedia dalam enam bahasa, Anda bisa mendapatkan Pilgrim Card (Kartu Peziarah) secara gratis.

Ketuju, Setelah terdaftar di portal, setiap orang juga dapat mendaftar untuk acara Yubileum dan ziarah ke Pintu Suci.

Pater Markus Solo Kewuta, S.V.D.Dr. Lic, Staf Staf Dikasteri Dialog Antarumat Beragama,Tahta Suci Vatikan (Foto: Dok.Pribadi)

“Dengan menavigasi berkat menu yang intuitif dan sederhana, pengguna akan dapat menyimpan acara yang mereka minati, mengakses area pribadi mereka lebih cepat dan memiliki kode QR unik untuk masuk ke Pintu Suci. Kartu Peziarah juga tersedia melalui tautan https://register.iubilaeum2025.va/ registration, atau dengan mengakses masing-masing acara di kalender.”

Selain itu, pada situs ini, bagian “Menjadi Relawan” akan diperbarui dengan instruksi khusus untuk layanan berharga ini.

Sedangkan, di bagian “Himne Yubileum”, musik dan rekamannya tersedia dalam bahasa Italia, Inggris, dan Prancis, sehingga dapat disebarluaskan dalam liturgi seluruh Umat Allah. Bahasa lebih lanjut akan segera tersedia.

Semoga Anda menemukan waktu yang bahagia dalam mempersiapkan Yubileum.

“Untuk informasi apa pun, kami mengundang Anda untuk berkonsultasi dengan situs yang akan menjadi referensi resmi dan yang akan terus diperbarui.” tulis Padre Marco, SVD.

*) Padre Markus Solo Kewuta, S.V.D.Dr. Lic. Seorang Misionaris Imam Katolik,adalah orang Indonesia pertama di Kuria Tahta Suci Vatikan. Menangani Desk Islam di Asia dan Pasifik, juag menjabat sebagai Wakil Presiden Yayasan Nostra Aetate. Sebuah lembaga yang bertugas untuk memajukan Pendidikan Perdamaian dan Pembentukan Duta-duta Perdamaian dari berbagai agama non-Kristiani bertempat di kota Roma dan Vatikan.

Editor : Dese Dominikus Lewuk.