Pj.Bupati Tapin Pada Apel Siaga,Pemilu Bukan Perang Namun Perayaan Demokrasi

Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin saat pimpin apel siaga pengawasan Pemilu tahun 2024.


 

Tapin.KabarDaerah.com – Memasuki masa kampanye tenang 11 – 13 Februari 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan,gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024,di Halaman Kantor Sekretariat Bawaslu Tapin,Eks Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datu Sanggul,Rantau.Minggu (11/2/2024).

Hadir Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin bersama Sekda Sufiansyah
dan Jajaran Forkopimda,Bawaslu Tapin,
serta Ketua KPU Tapin dan Anggota Bawaslu Kalsel Thesa Aji Budiono serta perwakilan instansi terkait lainnya.

Ketua Bawaslu Tapin,Abid Fikasi Gulo mengatakan,apel siaga ini digelar dalam rangka memastikan bahwa pada masa kampanye tenang sekarang ini,tidak ada lagi partai politik atau peserta pemilu lainnya yang melakukan aktivitas kampanye dalam bentuk apapun.

Menurutnya,termasuk APK (alat peraga kampanye) yang dipasang pada masa kampanye kemarin – kemarin harus sudah ditertibkan secara mandiri sejak berakhirnya masa kampanye pada Sabtu, 10 Februari 2024 pukul 23.59 wita.

“Tanpa terkecuali untuk media sosial yang diperuntukkan buat kampanye,
akunnya harus suah ditutup”, tandasnya.

Senada dengan itu, Anggota Bawaslu Kalsel,Thesa Aji Budiono mengatakan,
pada masa tenang tiga hari kedepan ini semua APK harus sudah ditertibkan baik secara mandiri ataupun oleh petugas.

“Jika ada APK peserta pemilu yang masih terpasang hingga masa tenang tiga hari kedepan ini sanksinya berupa admistrasi yaitu penertiban”,jelasnya.

Sementara itu,Penjabat (Pj) Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin menyebutkan bahwa giat ini untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan adil, transparan dan damai.

“Saya mengajak seluruh komponen masyaraka serta aparat pengawas untuk bersatu menjaga keamanan dan kedamaian.Karena Pemilu bukanlah perang, melainkan perayaan demokrasi”,
sebut Muhammad Syarifuddin.

Menurutnya, suksesnya Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu akan tetapi juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.

“Untuk itu,seluruh unsur dapat mengawal bersama semua tahapan Pemilu dan menjaga kondusifitas wilayah”,ajaknya.

Ia mengingatkan semua unsur untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental, karena tahapan demi tahapan Pemilu 2024 ini akan sangat menguras tenaga,fisik bahkan mental.

Syarifuddin menekankan pentingnya menciptakan Pemilu 2024 yang damai, berkualitas dan berintegritas.Edukasi dan sosialisikan kepada masyarakat agar termotivasi untuk datang ke TPS guna menggunakan hak pilihnya nanti.

“Saya berpesan,kepada para pengawas di semua tingkatan agar tetap  teguh menjaga  komitmen  melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024,yang pelaksanaannya tinggal tiga hari lagi kedepan”,pesannya.

Laksanakan dengan sungguh – sungguh penuh kedisiplinan dan tanggung jawab tinggi.Karena masa depan bangsa dan negara ini juga terletak pada pundak para pengawas Pemilu (Bawaslu).(Ron).