Kinerja Baik ! BPR Tapin Tahun 2023 Bukukan Laba Bersih Tembus Rp 1,25 M, Tumbuh 49,5 Persen

 

Tapin.KabarDaerah.com – Sepanjang tahun 2023,PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Tapin Sejahtera kumpulkan laba bersih sebesar Rp 1,25 miliar.

Perolehan laba yang signifikan tersebut menunjukkan kinerja baik PT BPR Tapin yang notabene milik Perusahaan Daerah (Perusda) Pemkab Tapin ini tumbuh 49,5 persen secara Year on Year (YoY).

Direktur utama PT BPR Tapin Sejahtera,
Hipka Mubadi mengatakan, meskipun masih dibawah dari target semula yakni Rp 1,3 miliar, namun capaian kinerja yang cemerlang ini membanggakan.

Dia menjelaskan,naiknya profitabilitas ini seiring dengan keberhasilannya dalam menghimpun dana pihak ketiga yang kembali disalurkan melalui produk unggulan yakni kredit BPR Tapin.

“Komponen terbesar hingga berhasil tumbuhnya laba bersih ini disumbang dari bunga kredit yang kita hasilkan”, ujar Hipka Mubadi, di Tapin Selatan. Senin (1/4/2024).

Sementara itu, untuk rasio kredit bermasalah atau non perponming loan (NPL) 2023, BPR Tapin Sejahtera mampu menekannya hingga angka 4,6 persen, dibawah rasio NPL BI (Bank Indonesia) yaitu maksimal 5 persen.

Dengan meningkatnya penghasilan atau terus tumbuhnya laba setiap tahun dan berdasarkan hasil audit, PT BPR Tapin masuk kategori perbankan yang sehat .

Disamping itu, modal aset PT Bank Perkereditan Rakyat (PT BPR) Tapin Sejahtera dari tahun ke tahunnya terus mengalami kenaikan secara signifikan.

“Total modal aset BPR Tapin tahun 2023, sudah mencapai Rp 83 miliar atau ada kenaikan sekitar 125 persen dari tahun sebelumnya yakni 2021 lalu yang hanya sekitar Rp 39 miliar”, sebutnya.

Ia menyebutkan,segmen UMKM baik perdagangan maupun sektor pertanian secara individu maupun kelompok masih menjadi prioritas penyaluran kredit Bank Perkereditan Rakyat (BPR) Tapin Sejahtera.

Sedangkan untuk menghimpun dana masyarakat atau pihak ketiga, produk unggulan BPR Tapin Sejahtera saat ini antara lain TAMARA (Tabungan Aman Sejahtera), Tabungan Arisan Berjangka,
TAGANAL (Tabungan Gasan Anak Sekolah), Deposito dan lainnya.

Produk – produk tabungan ini mendapat beberapa keunggulan dan sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga maksimal Rp 2 miliar.

“Jadi masyarakat tak perlu ragu untuk memiliki tabungan di BPR Tapin Sejahtera”, pungkasnya.

Diketahui,pada tahun 2024 ini BPR Tapin mendapatkan penghargaan Top BUMD Award dari Majalah Business.(Ron).