Keberagamaan dan Kesenian di Cumateh Tumbuh Subur

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Ikatan Pemuda Pemudi Cumateh Sekitarnya (IPPCES) Jorong Sungai Jariang Nagari Lubuak Basuang, membuat Inovasi dengan melakukan berbagai kegiatan positif dalam menghindarkan generasi mudanya terbawa arus serta terpengaruh pada hal – hal yang Negatif.

Ketua IPPCES Mesfian Dreki didampingi Ketua RK Cumateh, Suardi Sutan Basir, Kamis (5/4) mengatakan, berbagai gerakan serta program yang dilaksanakan di RK Cumateh, bertujuan untuk menjaga generasi muda agar tidak sampai terpengaruh pada hal yang buruk, seperti Narkoba dan lainnya.

Dikatakannya, ada banyak kegiatan Seni dan Olahraga, seperti Tambua Tansa, Saluang dan Pupuik, telah aktif dilakukan oleh IPPCES dalam beberapa waktu terakhir.

Menurutnya, selain itu semangat keberagamaan juga ditingkatkan, dalam sebulan terkahir, generasi muda di RK Cumateh, yang tergabung IPPCES, aktif melaksanakan gerakan shalat Maghrib dan Isya berjamaah di Mesjid Nurul Muslimin RK Cumateh,” katanya

Jika dulu di Mesjid Nurul Muslimin hanya para orang tua yang melaksanakan shalat berjamaah, serta jumlah nya sedikit, sekarang kalangan generasi muda nya pun sudah shalat berjamaah di Mesjid. Pada awalnya, hanya berkisar tiga sampai empat orang. Sekarang sudah bertambah saat Maghrib dan Isya, ada sekitar 15 sampai 20 orang generasi muda yang ikut berjemaah.

“ Untuk gerakan shalat Maghrib dan Isya berjamaah, menurut Mesfian Dreki, sekarang sudah menampakkan hasil. Kalau kita lengah dengan kondisi sekarang, tentu anak kemenakan kita akan larut dengan pengaruh yang tidak baik, yang saat ini bisa datang dari mana saja,” Ujar Mesfian Dreki.

“ Mudah – mudahan, kedepannya makin banyak yang shalat ke Mesjid, tak hanya maghrib dan Isya, tapi juga Shalat Shubuh, Zuhur dan Asyar,” Ujarnya lagi.

Mesfian Dreki menambahkan, bahwa gerakan shalat berjamaah yang digagas oleh IPPCES, merupakan salah satu bentuk dukungan dari masyarakat RK Cumateh terhadap gerakan Nagari Madani yang digagas oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Agam. ***

(gunawan/rel)