Hadirnya Aplikasi Slawe Di Dukcapil Kota Bengkulu Memberikan Manfaat Dalam Pelayanan Adminduk

BENGKULU58 Dilihat

Kota Bengkulu,Kabardaerah.com – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu selalu berusaha menghadirkan pelayanan dengan inovasi-inovasi terbaru. 

Salah satunya Sistem Layanan Administrasi Warga Elektronik (SLAWE). Aplikasi ini semakin hari semakin memberikan manfaat bagi masyarakat kota Bengkulu dalam pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk). 

Drs. Widodo selaku Plt Kadis Dukcapil kota Bengkulu menjelaskan bahwa, Aplikasi ‘Slawe’ ini bermula dari pandemi Covid-19. Pada intinya bagaimana masyarakat itu tidak berkerumun. Tidak berkerumun tetapi mereka dapat terlayani terkait dengan administrasinya.  

“Jika selama ini, misalnya masyarakat itu datang ke capil sampai 3 kali, dengan aplikasi Slawe ini diharapkan cukup sekali atau tidak datang sama sekali,” ungkapnya, Rabu (12/1/2022). 

Di dalam aplikasi ‘Slawe’ itu tersedianya menu sesuai permasalahan yang dibutuhkan masyarakat kota Bengkulu. Diantaranya ada namanya KK baru, KK penambahan anak, KK perubahan data dan itu ada pada menu. 

Dalam pelaksanaannya, tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi, tidak semua orang mempunyai Android tapi jangan lupa bahwa mereka mempunyai pojok-pojok pelayanan dukcapil. 

“Pojok-pojok pelayanan dukcapil itu berada di Kelurahan, misalnya di jalan Gedang, Surabaya dan lainnya. Mereka memberikan pelayanan melalui aplikasi Slawe. Jadi terjawablah bagi masyarakat yang tidak paham IT, masyarakat yang tidak memiliki Android maka mereka bisa mengurus dokumennya dipandu oleh kelurahan,” tambahnya. 

Secara sistem masyarakat bisa mengurus dirinya sendiri, dimana saat pengajuan harus menyertakan email yang aktif. Hadirnya pojok-pojok dukcapil di masing-masing kelurahan, akan tetapi untuk KIA dan KTP tidak bisa dicetak di Kelurahan ataupun di kecamatan.  Aplikasi ini bisa diakses melalui situs Web berikut  https://slawe.bengkulukota.go.id/.  adv