Hamdanus PLT Ketua KONI Sumatera Barat

Ditulis Oleh  :  Labai korok Piaman

 

Pengalaman Hamdanus, Plt KONI Sumatra Barat dalam menjalankan tugas Organisasi tidak usah diragukan atau tidak usah ada kecemasan bagi pihak, aktivis pencinta olah raga Sumbar bahwa KONI Sumbar akan mengalami kemunduran atau kegagalan.

Semenjak ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Barat., Hamdanus langsung menemui Ketum KONI Pusat., Letjen TNI Purn Marciano Norman. Pertemuan itu turut didampingi Wakil Gubernur Sumbar., Audy Joinaldy, Rabu (16/03/22) memintak arahan dan langsung bekerja.

Pada pertemuan dengan KONI Pusat tersebut arahan sesuai dengan SK Plt, serta kembali menegaskan tugas utama Plt Ketum KONI Sumbar adalah menyelenggarakan Musprovlub (Musyawarah Provinsi Luar Biasa).

Tugas terakhir berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 42 Tahun 2022 tentang Pemberhentian Umum dan Pengangkatan Plt Ketua Umum KONI Provinsi Sumbar Masa Bakti 2021-2025 adalah menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) agar roda organisasi dan pembinaan atlit bisa berjalan.

Alhamdulillah semua tugas itu sudah dijalankan secara baik, pada buka puasa pengurus KONI Sumbar sudah disampaikan oleh Hamdanus sebenarnya. Namun karena waktu buka puasa sudah masuk maka ada beberapa informasi atau penjelasan yang terputus.

Namun kesimpulan arahan tentan penandatangan NPHD sudah dilakukan secara sukses, maka saat ini dana sudah cair untuk kebutuhan sesuai program yang sudah dirancang oleh KONI.

Disamping itu untuk Musprovlub sudah disosialiasikan juga secara umum pada buka puasa itu. Sedangkan secara teknis baru dijelaskan pada jumpa pers hari Jum’at (22/04/22) kemarin yang penjelasanya adalah tahapan musyawarah memilih Ketua Depenitif KONI Sumbar sudah dijalankan.

Sesuai mekanisme organisasi sudah mendaulat Septri sebagai Ketua Panpel Musorprovlub. Sedangkan, untuk pembentukan SC diarahkan kepada Fazril Ale yang merupakan Waketum yang membidangi Organisasi. Mereka sudah bekerja untuk Musprovlub terselenggara.

Sudah banyak pekerjaan tambahan yang dipikul oleh Hamdanus disamping dua hal pokok seperti tugas dalam SK penunjukan Plt, seperti dalam waktu dekat ini akan segera dilaksnakan Rakor dengan Penprov dan KONI kabupaten dan kota untuk persiapan Musorprovlub. Jika tak keburu pada bulan Ramadhan ini, maka pasca lebaran segera dituntaskan.

Berikutnya pekerjaan tambahan juga sudah dilaksanakan rapat dua minggu yang lalu barang tentu menurut Penulis untuk persiapan Musorprovlub KONI Sumbar. Artinya, secara teknis terus dimatangkan dalam menjelang pelaksanaan Musorprovlub.

Sambil persiapan berjalan, pengurus juga menyerap aspirasi dari berbagai pihak termasuk dari Penprov, menyangkut calon yang maju nantinya. Juga termasuk mempedomani Pergub.

Dalam jumpa pers tersebut Hamdanus menjelaskan kedepan untuk mengurus olahraga Sumbar, konsekuensinya perlu pemulihan citra KONI Sumbar baik di daerah maupun nasional perlu diperbaiki. Karena dunia olahraga juga membutuhkan pihak ketiga seperti investor untuk memajukan dunia olahraga ini.

Selain Plt dibebani tugas NPHD dan Musorprovlub KONI Sumbar, Plt juga harus melaksanakan tugas tugas rutinitas KONI. Antara lain, untuk persiapan Porprov Sumbar 2023, pembinaan atlet dengan melaksanakan Pelatda. Selain itu KONI juga perlu membangun hubungan yang baik dengan gubernur maupun dengan kepala daerah Kabupaten dan kota.