IKPB Sumsel Gelar HUT Ke-1 Tahun Guna Mempererat Silaturahim Anggotanya

Palembang, KabarDaerah.com,– HUT ke- 1 Tahun Ikatan keluarga Penggage Bersatu (IKPB) yang di gelar di Museum Balaputra Dewa jalan Srijaya Km5,5 Palembang, Minggu ( 22/1/2023)

Acara ini di hadiri Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal , Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa, Chandra Amprayadi, Ketua umum IKPB Edi Suhaimi, SE, M.SI, Pembina IKPB Hinsom dan Dr. Ir. H. Rahidin H. Anang, MS.

Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, ” Alhamdulillah kita bersyukur bahwa satu lagi komunitas atau paguyuban keluarga besar dari musi Banyuasin tepatnya keluarga besar dari desa penggage dan ini mereka merayakan HUT ke-1, yang kita lihat antusias masyarakat penggage ada di kota Palembang,” katanya.

Lebih lanjut, Mereka berkumpul, bersilahturahmi dan berkomunikasi dalam menjalin silahturahmi sesama masyarakat Penggage, yang ada di perantauan di kota palembang, bukan hanya di palembang mungkin ada di jakarta dan sebagainya.

” Mudah-mudahan di HUT ke-1 IKPB merupakan pertemuan hari ini membawa berkah dan kedepan kita harapkan IKPB ini semakin besar dan semakin banyak anggotanya bukan hanya di palembang tetapi secara nasional,” bebernya.

Pembina IKPB Dr. Ir. H. Rahidin H. Anang, MS. Menambahkan,
Ikatan Keluarga Penggage Bersatu (IKPB) ini merupakan organisasi sosial, organisasi paguyuban organisasi yang betul-betul mempersatukan silaturahim dan tempat para keluarga-keluarga masyarakat, desa penggage yang ada di kota Palembang dan sekitarnya.

” Sehingga adanya lembaga ini saling lebih akrab. Dan harapan bahwa masyarakat di kota Palembang ini sangat terkoordinir dalam satu lembaga yang namanya Ikatan Keluarga Penggage Bersatu ( IKPB ),” tuturnya.

Lebih lanjut, Kedepannya pererat silaturahmi, mandata berapa banyak warga Penggage yang ada di kota Palembang untuk meningkatkan satu persaudaraan. paling tidak kalau ada yang meninggal, ada yang pesta, ada yang dapat musibah, ada arisan dan ada pelatihan.

” Dan ini untuk meningkatkan kekeluargaan secara menyeluruh, terutama masyarakat Penggage yang ada di kota Palembang,” tutupnya.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Penggage Bersatu (IKPB) Edi Suhaimi, SE, M.SI menambahkan, Kedepannya dengan ada HUT ke-1 ini IKPB adanya Kemajuan untuk memajukan masyarakat yg ada di Palembang.

” Disinilah melalui silaturahmi atau pun untuk meningkatkan rasa bersamaan rasa kerukunan, persaudaraan, dan kemudahan. Pada hari ini adalah semangat untuk bersatu yaitu didesa khususnya Penggage,” katanya.

Lanjutnya, Adapun jumlah Tiga ratus enam puluh (362 ) anggota. Oleh karena itu kalau semuanya orang Penggage yang ikut dalam IKPB di perkirakan di Palembang ada 600 Kepala keluarga.

” Jadi dari Palembang ini diperkirakan sekitar 55% Jadi 45%nya belum terpantau. Itu mungkin karena kesibukan yaitu karena bukan lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, Syarat untuk menjadi anggota IKPB ini harus ada keturunan Penggage di catat sebagai anggota.

” Kami berharap juga yaitu sedikit berbentuk iuaran yaitu untuk meningkatkan kemajuan kepada kegiatan dari IKPB ini. Nilai iuaran setiap kali yg meninggal yaitu Rp. 10.000,- dan kami juga berikan santunan berhak menerima sebesar Rp 1.500.000,- dan juga ditambah dengan karangan bunga dan perlengkapan lainnya,” tandasnya

Sementara itu , Kepala Museum Negeri Balaputra Dewa, Chandra Amprayadi, menambahkan, ” dengan adanya IKPB ini dan HUT ke-1 acara ini dapat bersilahturahmi dan bisa kenal satu sama lainnya. Serta menjaga rasa persaudaraan,” pungkasnya ( Ocha)