Gema Prabowo Subianto Penerus Presiden Jokowi Tak Ciutkan Relawan Anies

POLITIK, TERBARU49 Dilihat

JAKARTA, KABARDAERAH.COM- Relawan Anies Baswedan yang menamakan dirinya Mileanies sama sekali tidak ciut meski ada desas-desus mengenai pencalonan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai penerus Presiden Joko Widodo kian menggema.

“Tapi karena beliau ‘meninggalkan’ barisan pendukung saat masuk ke kabinet Jokowi, saya kira secara rasional basis ini justru akan lari ke Pak Anies, bukan ke yang lain,” kata Asri Tadda, Ketua Mileanies Sulsel kepada dikutip FAJAR, Selasa (21/2/2023).

Memang akan ada dinamika apabila Ganjar dan Prabowo yang sama-sama disokong pemerintah, maju bersaing. Jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberi rekomendasi, Anies akan menghadapi dua lawan.

“Lagian, Pak Ganjar pun belum tentu maju juga,” sambung Asri.

Di sisi lain, dukungan Jokowi terhadap Prabowo dianggap terang-terangan di saat orang nomor satu di Indonesia itu tak pernah “meng-endorse” Anies. Selama ini, pendukung Anies selalu identik dengan oposisi.

Bahkan, partai pengusung Anies, yakni PKS dan Demokrat pun merupakan dua oposan pemerintah. Nah, persaingan dukungan kekuasaan dan oposisi akan menarik pada pilpres.

“Terlebih jika Anies dan Ganjar juga tampil di kontestasi,” kata A Luhur Prianto, analis politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Luhur menilai, skenario memajukan Prabowo bisa jadi bagian dari political game untuk melemahkan capres tertentu dan menguntungkan capres lainnya. Akan tetapi, di dalam politik, skenario seperti itu tidak selalu linier.

“Bisa ada skenario di atas skenario,” ujar Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP, Unismuh Makassar, itu. *