Bupati Lampung Utara lakukan ‘rolling’ jabatan eselon

Lampung Utara, Kabardaerah.Com-Bupati Lampung Utara Budi Utomo melakukan ‘rolling’ jabatan pejabat Pemkab Lampung Utara, Jumat (5/5/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.
Berdasarkan data yang diterima terdapat 167 pejabat eselon II dan III, IV yang mengikuti pengukuhan, dan pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan.

Rinciannya: 11 pejabat eselon II, dan 63 pejabat eselon III (administrator), 94 pejabat eselon IV (pengawas).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Lampung Utara melalu Kepala Bidang Mutasi dan Promosinya, Herman mengatakan bahwa tidak semua pejabat yang ada dalam daftar tersebut akan mengalami pergeseran posisi. Kegiatan itu sebagian besar untuk mengukuhkan para pejabat yang dinas atau badannya mengalami perubahan nama atau penambahan bidang.

“Tidak semua pejabat yang ada di daftar itu akan bergeser posisi. Sebagian besar mereka harus dikukuhkan karena dinas tempat mereka bekerja mengalami perubahan nama atau penambahan bidang,” jelasnya, Jumat (5/5/2023) sekitar pukul 13.20 WIB.

Herman mengatakan, jumlah pejabat yang mengalami perubahan posisi tak begitu banyak dalam kegiatan kali ini. Mereka terdiri dari pejabat eselon II dan III.

Pejabat eselon II yang mengalami perubahan posisi adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja (Maspardan). Yang bersangkutan akan menempati Dinas Pemadaman Kebakaran yang baru saja terbentuk. Adapun dinas yang ditinggalkan saat ini statusnya ditiadakan karena bidang-bidang di instansi itu melebur ke dinas-dinas yang ada.

“Beliau sudah mengikuti uji kompetensi sebelum lebaran lalu. Untuk dua dinas baru laiinnya akan diisi melalu seleksi terbuka,” kata dia.

Dalam perombakan pejabat terbaru kali ini, Herman menuturkan, akan ada pejabat yang kehilangan jabatannya. Namun, itu sifatnya hanya untuk sementara waktu karena mereka akan ditempatkan ke jabatan yang baru.

“Fokus kami sementara ini adalah menyelesaikan dulu persoalan perubahan nama perangkat daerah. Nantinya, pejabat yang nonjob itu akan ditempatkan ke tempat yang baru,” urainya.(Aska)