Gubernur Arinal Membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung

LAMPUNG263 Dilihat

BANDARLAMPUNG,KABARDAERAH.COM — Gubernur Arinal Djunaidi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung ke-50 Tahun 2023, di Lapangan Enggal Saburai, Selasa (10/10/2023).

MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 ini mengambil tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 Kita Wujudkan Generasi Qur’ani untuk Lampung Berjaya”. MTQ ke-50 yang diselenggarakan pada tanggal 9-16 Oktober 2023 di Kota Bandar Lampung ini diikuti oleh 601 peserta dengan Dewan Hakim berjumlah 125 orang serta 12 Pengawas.

Salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, diantaranya adalah melalui kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an.

Melalui salah satu program Gubernur yaitu “Lampung Mengaji”, Pemerintah Provinsi Lampung berupaya untuk menciptakan kehidupan yang religius (agamis), berbudaya, aman, dan damai di Provinsi Lampung yang memiliki visi “Lampung Berjaya”.

Gubernur Arinal menyebutkan bahwa kegiatan MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam.

MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an. Dari sisi penyelenggaraannya, pelaksanaan MTQ juga mengalami pengembangan yang pesat dalam cabang dan golongan yang dipertandingkan.

Hal ini menunjukkan perhatian pemerintah dalam mendukung kegiatan MTQ ini demi mewujudkan tatanan masyarakat yang religius dan memiliki akhlak yang Qur’ani.

Gubernur berharap, MTQ tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga sebagai jalan dalam mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

MTQ diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan Muslimah serta nilai-nilai silaturahmi dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara.

“Mari kita jadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah,” kata Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur mengapresiasi dan menghargai segala upaya yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam menyelenggarakan acara ini dengan baik dan lancar.

Jelang Pemilu serentak 2024, Gubernur berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kekompakan, kerukunan dan persaudaraan satu sama lain, sehingga kondisi kondusif masyarakat selama ini tetap senantiasa harmonis.

Di akhir sambutannya, Gubernur menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk bersama-sama mendoakan agar pembangunan yang dilaksanakan saat ini, dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Mari kita singkirkan segala perbedaan dan bersama-sama meneruskan dan melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkas Gubernur.

Sementara itu, Ketua I Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Lampung yang juga merupakan Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Puji Raharjo berharap, penyelenggaraan MTQ ke-50 tahun ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses sesuai harapan.

“Mudah-mudahan dengan kesuksesan penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi ini mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” kata Puji Raharjo.

Puji Raharjo juga berharap, melalui penyelenggaraan MTQ ini akan lahir generasi Qur’ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.Red Rls Kominfotik (*)