Pastikan Pemilu Aman,Pemkab Rejang Lebong Terjunkan 1,632 Petugas Linmas

BENGKULU1010 Dilihat

Rejang Lebong,Kabardaerah.Com-Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan menerjunkan 1.632 petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara atau TPS pada Pemilu 2024 di wilayah itu.

“Saat ini petugas Linmas yang sudah kita siapkan sebanyak 1.632 orang, mereka ini nantinya akan bertugas di 816 TPS tersebar di 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong,” kata Kepala Satpol-PP Kabupaten Rejang Lebong Akhmad Rifai saat dihubungi di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, pada proses perekrutan kekurangan personil linmas itu sendiri dilakukan oleh pihak desa atau kelurahan masing-masing, sedangkan pihaknya hanya bertugas memberikan pembinaan.

Menurut dia, jumlah Linmas ada di Kabupaten Rejang Lebong sebelumnya sebanyak 1.460 orang, sementara itu kebutuhan untuk Pam TPS Pemilu 2024 sebanyak 1.632 orang sehingga masih kekurangan 172 orang.

“Setiap TPS ini nantinya akan ditempatkan dua orang petugas Linmas, sehingga jumlah  dibutuhkan untuk Pam TPS ini mencapai 1.632 orang. Petugas Linmas ini akan berjaga di pintu masuk dan pintu keluar TPS,” tegasnya.

Para petugas Linmas ini, tambah dia, akan bertugas selama satu bulan dan menerima honor dari KPU Rejang Lebong sebesar Rp700 ribu.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas, dan SDM KPU Rejang Lebong Buyono menyatakan, pihaknya pada 11 hingga 20 Desember 2023 lalu membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 untuk 5.712 orang.

Selain melakukan penerimaan calon petugas KPPS pihaknya mengajukan permintaan ke Pemkab Rejang Lebong guna menyiapkan petugas Linmas sebanyak 1.632 orang guna ditempatkan di 816 TPS.

Menurut Buyono untuk kebutuhan petugas KPPS sudah terpenuhi dan tinggal menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dilantik pada 25 Januari mendatang oleh PPS desa/kelurahan masing-masing bertindak atas nama ketua KPU Rejang Lebong.(kd)