Tahun 2024,Kadisperindag Menyampaikan Akan Digelar Kegiatan Pasar Murah

BENGKULU982 Dilihat

Bengkulu,Kabardaerah.Com-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Bengkulu Bujang HR menyatakan di tahun anggaran 2024 ini, pihaknya tetap akan melaksanakan kegiatan pasar murah.

“Pasar murah ini sebagai bagian dalam upaya pengendalian inflasi daerah di tahun 2024 ini,” kata Bujang saat diwawancarai di ruang monitoring center dinas kominfo, Senin pagi (15/1/2024).

Ini juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Mendagri Tito Karnavian yang meminta pemda provinsi dan kabupaten/kota agar gencar melaksanakan pasar murah.

Sejauh ini sambung Bujang, Disperindag Kota Bengkulu sedang menyusun, serta mengkonsolidasikan dengan sejumlah pihak terkait, untuk pelaksanaan pasar murah di tahun 2024 ini.

“Pasar murah tahun ini sudah kita dianggarkan dalam APBD murni sekitar Rp 400-500 juta kalau saya tidak salah. Akan segera digelar di triwulan pertama ini. Juga akan segera kita laksanakan bilamana terjadi gejolak harga,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk pelaksanaan pasar murah tahun ini polanya masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, bekerjasama dengan sejumlah pihak mulai dari Bulog, BUMD, distributor dan juga kelompok tani.

“Selain itu rencananya kita juga akan bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam hal fasilitasi kegiatan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian, meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) agar semakin gencar menggelar pasar murah dan menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk mengendalikan inflasi.

Karena, kondisi inflasi di masing-masing daerah masih bervariasi, meski di tingkat nasional terkendali. Inflasi akan lebih terkendali apabila seluruh Pemda bergerak melakukan upaya pengendalian.(kd)