Calon Senator Papua Barat Daya, Paul Finsen Mayor Bakal Lolos ke Senayan

DAERAH, PAPUA BARAT, POLITIK1578 Dilihat

SORONG,KABARDAERAH.COM– Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Dapil (daerah pemilihan) Papua Barat Daya, nomor urut 10, Paul Finsen Mayor, S.IP, CM.NNLP bakal lolos ke Senayan. Ia mengungguli 11 calon lainnya dengan 27.101 suara.

Calon lainnya yakni, Mamberob Rumakiek memperoleh 25.237 suara, Hartono 18.828 suara, Hasbi Suaib 13.980 suara, dan Sanusi Rahaningmas meraih 11.301 suara.

Dikutip wartapapua Rabu (13/3/2024) hingga saat ini, daerah yang telah menyelesaikan perhitungan suara tingkat provinsi Papua Barat Daya adalah 3 kabupaten yakni Kabupaten Sorong, Sorong Selatan dan Raja Ampat.

Sumber media ini menyebut, penghitungan suara yang bertempat di Vega Prime – Hotel & Convention Sorong (Hotel Vega), bahwa 12 calon anggota DPD RI akan mendapat penambahan suara. Daerah-daerah ini belum menyelesaikan perhitungan suara seperti Kabupaten Tambrauw, Maybrat dan Kota Sorong.

Kepada sumber media ini, Sefnat Selvianus Maikiay, yang juga tokoh pemuda Kokoda Kota Sorong, mengatakan, Pace Rambut Merah, alias Paul Finsen Mayor, S.IP, CM.NNLP  sudah pasti duduk sebagai salah satu anggota DPD-RI terpilih dari Provinsi Papua Barat Daya karena mengungguli 11 calon lainnya. Ia meraih suara tertinggi yakni 27.101 sura.

“Pace Rambut Merah adalah caleg DPD RI yang kami orang Papua dukung dan Pace dia mempunyai suara terbanyak dari 11 caleg lainnya. Dipastikan akan mendapat 1 kursi pada lembaga DPD RI,” kata Sefnat dengan wajah ceria.

Sefnat Selvianus Maikiay yang juga adalah tim kerja dari Pace Rambut Merah menjelaskan bahwa, dari hasil C1 palno yang dihitung di TPS dan D1 salinan yang dihitung di tingkat distrik khususnya di Kota Sorong, Paul Finsen Mayor mendapat suara terbanyak dengan kisaran 30.000 suara.

Sehingga jika jumlah suara dari 3 daerah masing-masing Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Raja Ampat dan Kota Sorong maka total suara Paul Finsen Mayor berjumlah kurang lebih 57.101 suara.  Jumlah tersebut belum dari Maybrat dan Tambrauw bisa-bisa. Apabila semua telah terkumpul maka suara Paul Finsen Mayor kisaran 60 -65 ribu suara.

“Saya sangat yakin dan optimis Pace Rambut Merah akan memperoleh suara sekitar 60 ribu dampai 65 ribu suara setelah Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara tingkat Provinsi Papua Barat Daya dan menjadi pendulang suara terbanyak di jenis Pemilihan Anggota DPD RI pada Pemilu 2024,” tutup Sefnat Selvianus Maikiay. **

Sumber : wartawapapua/Editor : Dese Dominikus.