Guru Dilibatkan Dalam Pembangunan Berbasis Nagari Madani

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Ratusan tenaga pendidik Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, mendapatkan pembekalan materi penerapan Gerakan Nagari Madani.

Trinda Farhan Satria mengatakan, Senin kegiatan ini dikemas dengan judul Teaching By Heart atau mengajar dengan hati, sengaja ini disiapkan untuk membuka pemikiran seluruh tenaga pendidik

“ Secara prinsip dilakukan dalam bagian membangun Gerakan Nagari Madani melalui program gerakan Literasi Sekolah Madani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam alhamdulillah pelatihan di SDN 21 Lubuk Basung, Sabtu (21/4) kemarin berjalan lanca,” katanya.

Trinda menyebutkan, salah satu keunggulan pendidikan di Minangkabau khususnya di Kabupaten Agam adalah berbasis surau yang dijadikan sebagai pusat kegiatan sosial masyarakat. Subtansi dari pendidikan surau muatannya adalah membangun karakter anak secara berkesinambungan.

Menurutnya, tenaga pendidik merupakan sebuah tugas yang mulia selagi ilmu yang diajarkan bermanfaat pahalanya akan tetap mengalir sampai kapanpun. Melalui moment ini ditanamkan bagaimana etos kerja orang beriman yang intinya jihad fisabillah.

Dikatakannya, modal utama membangun masyarakat yang madani berpedoman kepada lima kecerdasan, seperti kecerdasan emosional, spiritual, sosial, intelektual dan fisik.

Oleh sebab itu guru hendaknya mendidik tidak hanya mengajar dan menjalankan tugas, tetapi juga mampu menciptakan generasi yang berkarakter, berkepribadian dan berkualitas.

” Guru guru harus memiliki intelektual yang bagus begitu juga spirtualnya. Ramaikan masjid dengan, keagamaan, pendidikan maupun sosial dan budaya mudah-mudahan gerakan Nagari Madani terus berjalan sebagaimana harapan,” jelasnya. ***

(Gunawan/rel)