Perlu Normalisasi Sungai Agar Rumah Tidak Terendam Banjir

BENGKULU9 Dilihat

BENGKULU SELATAN,Kabardaerah.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS) bersama Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang  (PUPR) BS segera mengatasi sungai.

agar rumah warga Desa Cinto Mandi, Pino Raya tidak terendam banjir, ketika musim penghujan.

“Kami merencanakan normalisasi alur sungai Air Selali di Desa Cinto Mandi, Pino Raya,”ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD BS, Rendra WS SP.

Dikatakan Rendra, untuk menormalisasi alur sungai tersebut, pihaknya sudah turun bersama PUPR ke lapangan. Sehingga nanti melakukan pemindahan alur sungai. Dengan begitu, diharapkan ke depannya ketika turun hujan, pemukiman warga setempat tidak direndam banjir lagi.

“Sudah cek ke lapangan, nanti untuk pelaksanaan normalisasinya oleh pihak teknis yakni dinas PUPR,”ucap Rendra.

Kepala Desa Cinto Mandi, Sekaman mengaku masyarakatnya sangat berterima kasih kepada pihak BPBD BS dan Dinas PUPR BS. Sebab berencana akan menormalisasi alur sungai selali di desanya.

Dikatakan Sekaman, selama ini Desa Cinto Mandi menjadi langganan banjir ketika hujan deras turun. Hal ini menyulitkan warga untuk beraktivitas.Tak jarang juga timbul kerugian lantaran perabot rumah tangga rusak akibat terendam air. Kondisi ini sudah terjadi sejak lama. Penyebab utamanya adalah dua unit saluran pembuangan air dari pemukiman menuju sungai Air Selalu rusak parah dan mampet akibat tertimbun material tanah.

“Sangat berharap normalisasi sungai Selali di desa kami segera terwujud, mudah-mudahan nanti dapat mengurangi resiko bencana banjir,”pungkas Sekaman.(yes)