Jonaidi : Pembinaan Dini Perlu Dilakukan untuk Mendorong Kemajuan Olahraga di Bengkulu

BENGKULU73 Dilihat

Bengkulu,kabardaerah.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Jonaidi SP mendorong pemerintah daerah bersama pihak-pihak terkait lainnya supaya dapat memajukan bidang olahraga di Bengkulu.

Jonaidi mengatakan, dalam rangka memajukan olahraga di provinsi ini maka perlu dilakukan pembinaan semenjak dini supaya kedepan Bengkulu bisa mencetak para atlet yang siap bersaing ditingkat nasional maupun internasional sesuai bidang olahraga yang ditekuni.

“Yang kita lihat saat ini Bengkulu masih belum memiliki banyak atlet yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional, hanya ada segelintir orang saja,” ucapnya, saat mendampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah membuka Kejuaraan Atletik di Stadion Sawah Lebar Bengkulu, Senin (3/10/2022).

Contohnya, lanjut dia pada saat gelaran Porwil di Bengkulu dua tahun lalu para atlet atau kontingen dari Bengkulu tidak bisa berbuat banyak dan masih minim mendapatkan medali emas. Oleh karenanya, hal itu perlu menjadi bahan evaluasi agar kedepan olahraga di Kalteng ini bisa lebih meningkat dan maju.

Dia menjelaskan, pemerintah melalui instansi terkait bersama pihak-pihak terkait lainnya harus aktif mencari anak-anak yang berbakat pada bidang olahraga baik sepak bola, volly, renang, bulu tangkis, tenis meja, dan lain sebagainya untuk dibina semenjak dini.

“Karena kita meyakini di Bengkulu ini banyak anak-anak yang berbakat di bermacam bidang olahraga, tinggal hanya dicari saja ke daerah-daerah atau sekolah-sekolah, lalu mereka ini dibina dan dibimbing agar bisa meningkat kemampuannya,” tuturnya.

Terlepas dari itu, untuk memajukan olahraga di Bengkulu juga perlu didukung sarana dan frasarana atau fasilitas olahraga yang memadai, sehingga dalam pembinaan untuk meningkatkan kemampuan para atlet dapat berjalan maksimal. Dan hal ini juga penting menjadi salah satu yang harus diperhatikan.

Di sisi lain, pemerintah juga harus dapat memperhatikan atau menjamin kehidupan para atlet berprestasi, tidak hanya memberikan penghargaan sekedarnya saja seperti bonus atau semacamnya, namun lebih daripada itu.

“Seperti bisa mengangkat mereka menjadi ASN, memfasilitasi jika ada yang ingin masuk TNI atau Polri. Dengan begitu pasti para atlet yang kita miliki akan bersemangat dalam setiap pertandingan dan juga akan semakin banyak yang ingin menjadi atlet,” tandasnya. (Adv)