Soal Wacana Duet Pilpres Anies-Sandi, Ini Kata Pimpinan Gerindra

BERITA UTAMA, POLITIK870 Dilihat

JAKARTA, KABARDAERAH.COM- Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad merespons peluang duet Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno yang diwacanakan PKS. Dasco menyebut hingga saat ini belum ada komunikasi yang terjalin antara PKS dengan Sandi.

Ia meyakini jika itu telah dilakukan, Sandi akan membicarakannya dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Prabowo Subianto.

“Rasanya komunikasi resmi antara PKS dengan Pak Sandi itu juga belum dilakukan. Jika dilakukan, saya yakin Pak Sandi akan berkonsultasi dengan Pak Ketua Umum atau Ketua Dewan Pembina Pak Prabowo Subianto,” kata Dasco dikutip, Sabtu (4/3).

Dasco menegaskan komunikasi itu belum terjalin, sehingga enggan berkomentar lebih jauh mengenai wacana yang dilontarkan politikus PKS. Dia menegaskan apapun wacana yang bergulir, Sandiaga sampai dengan saat ini masih merupakan kader Gerindra.

“Kami pastikan saat ini Pak Sandi itu masih kader Gerindra dan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra,” tegasnya.

Sebelumnya, politikus PKS Andy Azizi menyebut di internal PKS muncul usulan menduetkan Anies Baswedan dengan Sandiaga Uno di Pilpres 2024. “Bahkan kami itu membuka peluang kepada Sandiaga Uno, di PKS ini dinamika-dinamika itu terjadi,” ujarnya.

PKS membuka peluang duet tersebut hingga menemukan formula duet yang paling pas. Namun, dia memastikan soal cawapres Anies tetap diserahkan sepenuhnya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Tapi prinsipnya seperti yang disampaikan Mas Anies berkali-kali bahwa itu tiga partai ini sepakat untuk menyerahkan ke Mas Anies,” kata Andy.

Sementara itu, Sandiaga dalam keterangannya mengaku mengapresiasi aspirasi masyarakat yang dilontarkan politikus PKS itu untuk Pilpres 2024.

Namun, pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu menegaskan keputusan terkait penetapan Capres dan Cawapres dalam Pilpres berada di tangan partai politik.

Oleh karena itu, dirinya sebagai kader Partai Gerindra mengaku menyerahkan seluruh keputusan kepada partai politik maupun para pimpinan partai politik.

“Dunia politik itu dinamis ya, tapi sekarang ini kan tentunya dalam kontestasi demokrasi yang sudah memasuki tahapan selanjutnya, partai politik mulai menyiapkan dan aspirasi-aspirasi itu bisa tentunya kita apresiasi,” ujar Sandiaga Uno ketika menghadiri East Indonesia Tourism and Invesment Summit 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat (3/3) seperti dikutip dari keteranan resminya.

“Dan tentunya para pimpinan partai politik itu yang akan menentukan bagaimana respons masyarakat,” tambahnya. *