Pajero Hiasi Kendaraan Pimpinan DPRD Tanah Datar, Mobil Lama Belum Dikembalikan

TANAHDATAR (SUMBAR), KABARDAERAH,- Mobil operasional untuk tiga pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sudah diserah terima kan, tiga unit Mitsubishi Pajero keluaran terbaru akan ditunggangi oleh pimpinan legislatif daerah itu.

Namun, mobil dinas (mobnas) pimpinan DPRD periode 2014-2019 lalu masih dikuasai oleh mantan pimpinan DPRD itu. Walau tercatat milik pemerintah daerah, keberadaan ketiga mobnas itu masih menjadi tanda tanya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Tanah Datar Elizar ketika dikonfirmasikan kabardaerah, Kamis (07/11) menyebutkan jika seharusnya mobnas itu sudah harus dikembalikan.

“Belum ada yg mengembalikan, mobnas adalah kewenangan sekretariat DPRD, ” ujar Elizar melalui pesan Whatsapp nya.

Ketika ditanya alasan belum dikembalikan mobnas pimpinan DPRD periode sebelumnya, Elizar menjawab karena mereka (mantan pimpinan DPRD 2014-2019) menerima informasi dari kemendagri kendaraan itu akan dilelang,

“Saat ini sedang diproses revisi PP nomor 84 tahun 2014. Disamping itu pimpinan dewan lama menyampaikan keoada sekwan bahwa kendaraaan tersebut mereka pinjam kepada bapak bupati menjelang adanya proses lebih lanjut,” sebut Elizar.

Dan batas waktu peminjaman tambahnya, ia kurang tahu pasti dan menyarankan untuk melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan.

Sementara itu, salah seorang staff Badan Keuangan Daerah bagian Aset Daerah menyebutkan jika Sekretaris Daerah sudah mengirimkan surat kepada DPRD supaya mobil tersebut untuk dikembalikan.

“Iya, itu ditanda tangani langsung oleh Sekda Irwandi, dan terakhir surat tersebut tanggal 11 Oktober 2019 lalu. Namun hingga saat ini mobnas itu belum dikembalikan satupun,” ucapnya.

Pengakuan yang kontroversi dikeluarkan oleh mantan Ketua DPRD periode 2014-2019 Anton Yondra disalah satu grub whatsapp, Jumat (08/11) jika sejak pelantikan anggota DPRD periode baru, ia tidak pernah memakai mobil lama.

“Sejak pelantikan menjadi anggota DPRD baru, saya tidak pernah memakai mobil lama. Dan mobil sudah diserahkan ke setwan. Khusus mobil saya berada di tangan salah seorang sopir DPRD di Sijangek,” ujar Anton Yondra.

Laporan : Aldoris Armialdi