Ini Alasan Gugus Tugas Dianggap Babak Belur Tangani Covid-19

LIPUTAN KHUSUS325 Dilihat

DKI.KABARDAERAH.COM- Center for Strategic and International Studies (CSIS) menyoroti tanggung jawab besar yang diemban oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Disampaikan oleh Direktur Eksekutif CSIS Indonesia, Philip Vermonte, BNPB memiliki pekerjaan rumah yang berat dalam penanganan Covid-19 di Indonesia, karena pada dasarnya badan tersebut tidak memiliki pengalaman untuk menangani bencana non-alam seperti wabah.

“Saat ini, BNPB yang selama ini fokus pada penanganan bencana alam menjadi penanggung jawab penanganan Covid-19,” ujar Philip dalam webinar bertajuk “Indonesia-Korea Cooperation in Dealing with Covid-19”, Rabu (6/5).

“Untuk itu, mereka sangat butuh untuk meningkatkan kerja sama dengan institusi lain, terutama Kementerian Kesehatan secara teknis,” imbuhnya.

Selain karena tidak memiliki pengalaman, penanganan Covid-19 oleh BNPB juga dihambat dengan adanya desentralisasi.

Di mana tidak ada satu komando di tubuh BNPB, mengingat setiap daerah memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing.

“Jadi kita juga harus memikirkan mengenai pangaturan institusional dalam memitigasi Covid-19. Karena jauh dari Covid-19, saya pikir kita memiliki masalah persiapan institusionalisasi,” pungkasnya. **

 

(pojoksatu/gun)