Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI Akan Dimakamkan 5 Januari 2023 di Tempat Ini

INTERNASIONAL58 Dilihat

VATIKAN,KABARDAERAH.COM-Umat Katolik berduka. Paus emeritus, Benediktus XVI berpulang ke rumah Bapa di Surga pukul 09.34 Waktu Eropa Tengah atau waktu Vatikan, Sabtu (31/12/2022).

Almarhum meninggal dunia dalam usia 95 tahu, setelah berjuang dengan penyakit yang dideritanya sejak beberapa waktu terakhir setelah diumumkan oleh Paus Fransiskus,bahwa beliau sangat sakit.

Informasi yang diterima dari Staf Dikasterio untuk Dialog Antarumat Beragama Tahta Suci Vatikan, P. Markus Solo Kewuta,SVD, Sabtu malam waktu Indonesia, membenarkan kabar berpulangnya sang Paus Emeritus Benediktus XVI.

“Jadi, benar sekali,paus emeritus Benediktus XVI telah meninggal dunia tadi pagi pukul 09.34 waktu Eropa Tengah atau Waktu Vatikan,” kata Padre Marco,demikian pastor kelahiran Flores,NTT itu disampa.

Salah satu penyebab meninggalnya beliau antara lain karena faktor usia, dimana saat ini beliau telah berusia 95 tahun. Kedua,Kondisi beliau melemah pada hari-hari terakhir (Sabtu 31/12) dan juga yang memicu beliau karena kesulitan pernapasan.

“Semuanya ini merupakan dari alasan meninggalnya beliau pada pagi hari ini,” tutur Padre Marco dalam pesan voicemail yang diterima redaksi Kabardaerah.com.

Pastor Markus Solo Kewuta,SVD (Kredit Foto : Dominikus Dese Lewuk)

Prosesi Pemakaman 5 Januari 2023

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Padre Marco dari pihak Taahta Suci Vatikan, bahwa Saat ini jenazah beliau masih disemayamkan di rumah kediamannya di Bukit Vatikaan. Di dalam kamar Vatikan, dimana tempat beliau tinggal sejak mengundurkan diri dari jabatan sebagai Paus pada tahun 2013.

Jenazah beliau baru akan diturunkan dari rumah duka ke Basilika Santo Petrus pada tanggal 2 Januari untuk didoakan. Karena banyak sekali orang datang berdoa dan memberikan penghormatan terakhir kepada beliau.

Selanjutnya,pada tanggal 5 Januari 2023 Pukul 09.30 pagi waktu Vatikan, jenazah akan dimakamkan di Katakombe Basilica St. Petrus, Vatikan. ** Domi Dese Lewuk.