Gelora 2000: Mengenang Nostalgia Tahun 2000 Melalui Event Live Karaoke

Sumbar.kabardaerah.com – 22 Juni 2023, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas dari konsentrasi Public Relations mengadakan sebuah event musik dengan konsep tahun 2000 yang diberi nama “Gelora 2000” di Parewa Coffee. Event ini merupakan acara live karaoke bertema tahun 2000 pertama di kota Padang. Event ini menjadi bagian dari ujian akhir semester (UAS) mata kuliah Public Relation Event yang diinisiasi oleh para mahasiswa sebagai bentuk apresiasi terhadap industri musik pada era tersebut.

Parewa Coffee terpilih menjadi lokasi yang cocok untuk menampung event Gelora 2000 ini. Tempat ini dikenal karena kombinasi suasana nyaman dan semangat mudanya yang melimpah. Dengan outdoor yang luas dan fasilitas modern, sangat memungkinkan bagi mahasiswa mengadakan live karaoke yang meriah. Mahasiswa bersama tim dari Parewa Coffee berkolaborasi untuk menghadirkan kegiatan Gelora 2000 ini dengan bantuan kerjasama beberapa sponsorship lainnya.

Tujuan utama dari Gelora 2000 adalah membangkitkan nostalgia tahun 2000 dan menghidupkan kembali  kepopuleritas di era tersebut, khususnya lagu. Musik pada tahun 2000 dianggap sebagai tonggak sejarah yang menentukan perkembangan musik kontemporer saat ini. Para mahasiswa Ilmu Komunikasi telah mempersiapkan segala hal dengan sangat matang dengan mempersembahkan set-list lagu yang telah dipilih khusus, seperti lagu-lagu dari Dewa 19, Sheila on 7, My Chemical Romance, Peter Pan, Paramore, The Changcuters dan band-band lainnya yang terkenal ditahun 2000.

Gelora 2000 menjalin kerjasama dengan berbagai sponsor lokal yang turut mendukung keberlangsungan event ini. Acara ini berlangsung dengan meriah dan dihadiri  oleh 500 peserta. Event ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk terlibat langsung dalam mengorganisir serta mengelola sebuah acara musik. Mereka dituntut untuk berpikir kreatif dalam mewujudkan konsep tahun 2000 yang dapat menghadirkan nostalgia kepada semua pengunjung. Lebih dari sekadar ujian akhir semester, Gelora 2000 adalah cara bagi mereka untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam merancang, mengorganisir, dan mengelola sebuah acara musik yang bertema tahun 2000.

Acara ini menjadi cara yang menyenangkan untuk mengenang masa keemasan musik dan budaya pada tahun 2000. Bagi para penggemar musik tahun 2000, event ini merupakan kesempatan untuk bernostalgia dengan lagu-lagu yang pernah kita dengar di radio atau melalui CD yang dahulu pernah  dimiliki. Dengan Gelora 2000, panitia berharap para pengunjung dapat merasakan kembali nostalgia dan kegembiraan yang pernah mereka rasakan di tahun 2000 dan merayakan masa keemasan musik dengan cara yang unik. Kegiatan ini tidak menjadi kegiatan pertama atau terakhir kalinya, panitia berharap akan ada kegiatan-kegiatan selanjutnya yang bermanfaat dan berdampak positif tentunya.

Penulis : Team (Aziza Azahra, Lala Aulia Fitri, Nonia Putri Rizlen, Almira Yaya, Mawar Safriani) Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unand Konsentrasi Public Relation Angkatan 2020