Harga Ikan Alami Penurunan, Meski Cuaca Buruk Perairan

TERBARU117 Dilihat
KETAPANG.KABAR DAERAH.COM – Kenaikan harga ikan kemungkinan akan terjadi, lantaran menurut para ahli pengaruh dari tingginya gelombang pasang dan cuaca buruk di perairan Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara saat ini.‎
 
Akan tetapi saat ini tafsiran tersebut pada kenyataannya tidak demikian. Pasalnya meski mengalami cuaca buruk, harga ikan mengalami penurunan. Hal itu seperti diungkapkan Bustami satu di antara pengepul ikan di Desa Sukabangun.
 
Turunnya harga ikan tersebut menurutnya, ‎lantaran pasca tahun baru kemaren stok ikan di pasaran Ketapang berlimpah di dalam Peti es para pengepul.
 
“‎Terutama jenis ikan gembung, harga ikan ini saking melimpahnya di pasaran hargannya hanya mencapai 15 ribu rupiah,” akunya, Rabu, (03/1/2018).
Selain itu, ia menambahkan, tidak hanya ikan jenis gembung. Tingginya tangkapan ikan para ‎nelayan juga berpengaruh turunnya harga ikan jenis tertentu.
“‎Ini berakibat tidak sebanding dengan permintaan pasar. Jadi untuk saat ini banyak para pengepul yang masih memiliki stok menolak ikan dari para nelayan. Sehingga para nelayan itu saat ini banyak yang memilih menjual hasil tangkapan mereka ke rumah – rumah warga,” paparnya.
(Ags/Ais)  ‎