Wabup Kendal Basuki Silaturahmi ke Kampung Pesilat di Desa Jenarsari

Kabardaerah.com (KENDAL) – Desa Jenarsari Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, dikenal memiliki banyak atlet Pencak Silat, yang telah melahirkan banyak altet pencak silat yang ikut serta di berbagai kejuaraan daerah dan nasional.

Bahkan di desa tersebut, terdapat Padepokan Persahabatan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Kabupaten Kendal, yang masih aktif dengan membawahi sekitar 6.000 anggota yang tersebar di Kabupaten Kendal.

Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki menyempatkan diri untuk menghadiri acara sarasehan pengurus PSHT dengan Wakil Bupati Kendal, didampingi Plt Kepala Disporapar Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, Selasa malam (1/6/2021).

Ketua PSHT Cabang Kendal, Supriyadi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka silaturahim sekaligus memperkenalkan Desa Jenarsari sebagai Kampung Pesilat Kendal.

Selain itu, acara juga diisi dengan Grand Final Sayembara Videography yang mengambil tema “Menuju Jenarsari Kampung Pesilat”.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan potensi Desa Jenarsari yang akan menjadi Kampung Pesilat Kabupaten Kendal, ya yang kita kenal, kita dengar hanya Desa Jenarsari,” kata Supriyadi.

Dirinya menambahkan, PSHT Cabang Kendal yang berdiri sejak tahun 1979, selama ini sudah mencetak ratusan insan yang berprestasi.

“Perlu saya sampaikan dan saya tegaskan, sejak tahun 1982, PSHT Cabang Kendal telah menorehkan prestasi yang tak terhitung. Baik tingkat lokal maupun nasional,” jelas Supriyadi.

Untuk itu, dirinya berharap agar prestasi ini tetap dijaga dan ada sinergitas dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal.

“Terimakasih atas kehadiran Bapak Wakil Bupati Kendal dan Plt Kepala Disporapar Kendal, dalam acara malam hari ini. Semoga kita bisa terus bersinergi dan dapat mewujudkan Jenarsari sebagai Kampung Pesilat,” ungkapnya.

Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki dalam sambutannya memberikan pesan agar para atlet dan para anggota PSHT untuk selalu menjaga sportivtas dan terus berlatih.

“Terus jaga sportivitas dan jaga kejujuran. Insya Allah panjenengan semua bisa menjadi insan-insan yang berbudi pekerti luhur, yang bisa membawa nama harum keluarga dan masyarakat Kendal,” tandas Pakde Bas sapaan akrabnya.

Tak lupa dirinya juga berpesan, agar semua anggota PSHT tetap menjaga protokol kesehatan. Baik saat aktivitas sehari-hari, maupun saat berlaitih.

“Saya mendapat laporan dari Dinas Kesehatan, bahwa ada peningkatan penularan Covid-19 di Kabupaten Kendal. Untuk itu saya berharap, agar semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga diri, jaga keluarga dan jaga sesama,” tandas Pakde Bas.

Acara diakhiri dengan penilaian Grand Final Sayembara Videography dalam rangka mewujudkan Menuju Jenarsari Kampung Pesilat.

Sementara itu, Kepala Desa Jenarsari, Markinah mengaku terharu atas kehadiran Wakil Bupati Kendal di Desanya. Dirinya berharap, apa yang menjadi cita-cita warga menjadikan Jenarsari sebagai Kampung Pesilat dan Kampung wisata silat bisa terwujud.

“Semoga, dengan menggandeng Pokdarwis Desa Jenarsari dan peran serta masyarakat, Insya Allah Jenarsari bisa menjadi Desa Wisata Pesilat Kabupaten Kendal,” tukasnya. (Red)