Gerindra Sorot Dinas Luar Negeri Irwan Prayitno, Andre : Karena Masyarakat Resah

BERITA UTAMA68 Dilihat

SUMBAR, KABARDAERAH,-  Partai Gerindra mempersoalkan perjalanan dinas luar negeri Gubernur Irwan Prayitno. Sehingga Ketua DPD partai pemenang pileg di Sumatra Barat (Sumbar) itu, Andre Rosiade memerintahkan anggotanya di DPRD untuk menginisiasi hak interpelasi terhadap gubernur.

Interpelasi tersebut dikatakan Andre guna untuk menanyakan seringnya Irwan Prayitno melakukan perjalanan ke luar negeri  dengan menggunakan dana APBD.

“Karena menimbulkan keresahan di tengah masyarakat Sumbar, hampir tiap bulan, malahan dalam satu bulan ada yang dua kali pak gubernur ke luar negeri,” ujarnya.

Andre menambahkan, perjalanan luar negeri tersebut katanya untuk menjaring investor, namun sejauh ini Andre menilai, kunjungan kerja Gubernur Sumbar tersebut belum membawa hasil.

“Sampai sekarang investornya nggak ada yang dibawa ke Sumbar,” ujar pria kelahiran 1978 itu, Jumat (13/12).

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyatakan tak masalah terhadap interpelasi yang dilakukan Gerindra.

“Selama untuk kepentingan publik ya lebih baik, untuk kepatutan dan kewajaran (seorang gubernur ke luar negeri) ukurannya memang relatif. Tapi moral bisa menjaga kita untuk selalu berhati-hati. Dan adanya inisiatif DPRD malah bagus,” Kata Mardani.

Dibalik kecurigaan Gerindra yang berujung interpelasi itu, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mengaku akan melakukan pengecekan.

“Pastinya kita evaluasi nanti perjalanan dinas kepala daerah yang ke luar negeri itu kita evaluasi. Kalau tak sesuai tujuan ya ke depannya akan kita perketat izinnya,” tukas Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik dilansir dari Detik.com, Sabtu (14/12/2019). (BgZ)

Editor : Aldoris A