Raih Piala Adipura,Begini Pesan PJ Walikota Palopo Terhadap Jajaran

BERITA UTAMA1227 Dilihat

Realita Sulsel Kabardaerah,Palopo – Untuk ke-9 kalinya, Kota Palopo berhasil meraih Piala Adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Piala Adipura tersebut diterima langsung oleh Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, S.H, M.Si, di Jakarta Selasa (05/03/2024) yang dihadiri langsung Wakil Presiden, Ma’ruf Amin.

Menteri Lingkungan Hidup RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, dalam laporan panitia menyampaikan program Adipura merupakan instrumen kebijakan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1986.

“Kita berharap penghargaan ini menjadi instrumen yang efektif dalam mendorong terciptanya kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh, dan berkelanjutan,” kata Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya juga berharap, melalui Adipura ini akan tercipta kota-kota yang teduh dan berkelanjutan melalui penyediaan ruang terbuka hijau untuk publik.

“RTH posisinya sangat penting untuk menjamin keseimbangan ekosistem kota, keseimbangan sistem hidrologi, maupun sistem ekologis lainnya,” jelasnya.

“Sehingga dapat menciptakan kota yang sehat, nyaman, meningkatkan ketersediaan air dan udara bersih, serta dapat meningkatkan estetika kota,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik upaya mewujudkan dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

“Penyempurnaan program Adipura ini, meningkatkan peran pemerintah daerah hingga peran serta masyarakat secara luas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” kata Ma’ruf Amin.

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Palopo, Asrul Sani, menyampaikan kebanggaannya atas raihan piala Adipura kali ini.

“Secara pribadi saya ucapkan selamat kepada semua masyarakat Kota Palopo atas capaian ini,” kata Asrul Sani.

Asrul menambahkan, capaian Adipura yang kesembilan kalinya ini bukanlah hal yang mudah dan harus terus dipertahankan.

“Ini menjadi harapan kita semua, mempertahankan prestasi ini. Kita harus menjaga lingkungan kota, dan kebersihan kota ini,” jelasnya.

“Harapan saya targetnya bisa meraih yang lebih tinggi lagi, dengan harapan penghargaan ini dapat dipertahankan,” tutupnya.

Untuk diketahui, dari 514 kabupaten/kota di Indonesia, ada 259 kabupaten/kota yang mendapatkan nilai 50,03% dengan rincian peraih sebagai berikut:
– Adipura kencana: 5 walikota/bupati
– Piala Adipura: 106 walikota/bupati
– Plakat Adipura: 6 walikota/bupati
– Sertifikat Adipura : 51 Walikota/Bupati

-Total : 168 kab/kota penerima penghargaan Adipura 2023.

Turut mendampingi Pj. Wali Kota Palopo, Kadis LH Palopo, Emil Nugraha Salam, beserta jajaran Dinas Lingkungan Hidup Palopo.

Emil Nugraha Salam juga mengatakan bahwa berterima kasih banyak kepada semuanya dan hal ini bisa di raih berkat tim kebersihan serta peran masyarakat terhadap kepedulian kebersihan kota palopo.

“Saya juga berterima kasih banyak kepada tim kebersihan serta jajaran lainnya maupun masyarakat yang sudah berperan menjaga kelestarian lingkungan di kota palopo.